Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur kembali mengadakan workshop secara daring melalui ZOOM dengan tema “Workshop Repositori Institusi Perguruan Tinggi Batch V” acara ini terselenggara atas kerjasama FPPTI Jawa Timur dengan Universitas Dinamika. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28-29 Juni 2021.

Dikutip dari laman FPPTI Jatim bahwa Perpustakaan sebagai sumber informasi yang menyimpan hasil karya manusia, baik itu karya cetak maupun karya digital harus dapat digunakan untuk mempermudah proses pencarian informasi dengan tepat,cepat dan lengkap. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan preservasi terhadap lokal konten intelektual yang dihasilkan oleh sivitas akademika atau yang disebut sebagai repository institusi. Sesuai dengan Surat Edaran Nomor B/565/B.B1/HK.01.01/2019 tentang Sarana Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa yang salah satu poinnya menyebutkan hasil karya ilmiah sivitas harus diunggah di repositori perguruan tinggi. Selain itu, repositori institusi juga digunakan untuk keperluan pengajuan angka kredit dosen (PAK) sesuai dengan Surat Edaran DIKTI No. 1864/E4/2015 tanggal 15 Oktober 2015 perihal PAK Dosen serta Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen tahun 2019.

Perpustakaan Universitas Merdeka Malang juga turut serta mengirimkan perwakilannya mengikuti workshop tersebut. di Batch V ini materi yang dibahas adalah cara instalasi eprints 3.4.2 di ubuntu 18.04 server LTS, penambahan fitur RAMA, penambahan tipe item dan format sitasi untuk item baru, membatasi akses user item, memasang script google analytic, google search console, dan stats counter, serta beberapa pembahasan lainnya.