Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) kembali membuka kelas baru untuk Diklat Automasi Perpustakaan Terintegrasi INLISLite Angkatan I tahun 2021 melalui website Eldika/Kantaka. Diklat ini dibuka untuk 40 orang peserta saja, dan salah satu diantaranya yang terpilih adalah Surya Dannie, S.I.Pust. Pustakawan Universitas Merdeka Malang.

Diklat ini diselenggarakan selama 10 hari mulai tanggal 12 Juli s.d  26 Juli 2021 secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Diawal kegiatan peserta diberi pretest terkait tema diklat, kemudian diberikan materi tentang program automasi perpustakaan INLISLite mulai dari cara instalasi program, pengenalan menu/modul-modul yang ada di INLISLite beserta cara pengaturannya, dan diakhir  materi peserta diberi tugas dan tes formatif. Untuk penutupan di akhir acara kegiatan, peserta diwajibkan untuk mengerjakan  post test.

INLISLite ini merupakan program yang dikembangkan oleh Perpusnas bertujuan untuk membantu menyediakan sarana berbasis TIK dalam penghimpunan koleksi nasional (mendukung tugas Perpusnas), mendorong penerapan e-library di Indonesia, dan menyediakan sarana pembelajaran/bimbingan teknis penerapan TIK di perpustakaan.

Dannie menjelaskan bahwa modul yang ada di program INLISLite ini lebih lengkap dan detil sesuai dengan kebutuhan yang ada di perpustakaan, harapannya semoga program ini bisa segera direalisasikan di Perpustakaan Universitas Merdeka Malang.