Pada hari Sabtu, 6 Nopember 2021 Kepala Perpustakaan sekaligus Dosen Teknik Dr. Ir.  Djoko Andrijono, M.T. membuka acara Workshop & Pelatihan dengan tema “Peningkatan Kualitas Produk Pengrajin Pande Besi dengan Penerapan Desain Dapur  Perlakuan Panas Model Tutup”, di Ruang Serba Guna Lt. 2 Gedung Perpustakaan Universitas Merdeka Malang.

Acara tersebut terselenggara berkat kerjasama antara Perpustakaan dengan Program Studi Teknik Mesin, Universitas Merdeka Malang. Ada 4 pemateri yang mengisi acara tersebut dan semua merupakan Dosen dari Fakultas Teknik Mesin Universitas Merdeka Malang.

Tujuan diselenggarakan workshop ini adalah untuk meningkatkan mutu produk pandai besi berupa pisau, alat pertanian seperti sabit, cangkul dan sebagainya yang dapat membantu para pengrajin pandai besi dalam  meningkatkan proses pemanasan logam tempa.  Para pengrajin pandai besi yang kebanyakan masih menggunakan teknik tradisional dengan sistem pemanasan dapur terbuka dapat mencoba teknologi desain dapur perlakuan panas model tutup untuk meningkatkan mutu produk mereka.