Salah Satu staf perpustakaan Universitas Merdeka Malang Novika Wida Permata, SE., MM terpilih untuk mengikuti diklat Promosi Perpustakaan Berbasis Digital, dari 200 lebih peserta yang mendaftar hanya 43 peserta yang terpilih.

Diklat Nasional ini diselenggarakan oleh Pusdiklat Perpusnas selama 16 hari mulai tanggal 30 Maret s.d 14 April 2021. Acara tersebut dilaksanakan secara daring menggunakan zoom lewat web Eldika Perpusnas, acara ini tidak dipungut biaya, bahkan peserta mendapat biaya ganti pulsa internet selama mengikuti program ini.

Novika menjelaskan bahwa dengan diadakan diklat ini agar peserta atau pustakawan di Indonesia bisa melakukan promosi layanan dan koleksi perpustakaan di unit kerjanya masing-masing dengan memanfaatkan media digital yang berkembang saat ini. Dengan perkembangan teknologi informasi yang modern seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses informasi kapan saja dan dari mana saja, sehingga selesai diklat diharapkan peserta bisa menarik lebih banyak minat baca pemustaka baik dari kalangan internal maupun eksternal untuk berkunjung ke perpustakaan di daerah masing-masing.

Diklat ini diisi dengan pemateri yang menjelaskan secara teori lalu peserta diberi tugas dan tes formatif dan diakhir acara diadakan pos tes (review semua materi) dan observasi lapangan.

Lebih lanjut Novika menyampaikan hasil yang didapat dengan mengikuti diklat ini adalah tersedianya platform media digital yang beredar dapat menjangkau luas masyarakat pengguna media sosial seperti twitter, Instagram, facebook, dan website, dan dengan memanfaatkan media sosial ini maka perpustakaan dapat lebih memaksimalkan kegiatan layanan promosinya.