Hari ini Rabu, 12 Oktober 2022 Perpustakaan Universitas Surabaya (UBAYA) menyelenggarakan kegiatan Seminar nasional baik secara luring maupun daring. Seminar Nasional dengan tema “Integritas Akademik: mendukung luaran pembelajaran dan reputasi Institusi”. Kegiatan ini dibuka secara daring pukul 08.30 WIB luring pukul 08.00 WIB. dan dihadiri kurang lebih 200 peserta daring, acara tersebut terselenggara atas kerjasama Perpustakaan UBAYA dengan FPPTI Jatim dan ISIPII.

Narasumber yang mengisi kegiatan tersebut adalah Ms. Patti West-Smith dari Director of Customer Engagement, Turnitin dan Dr. Ide Bagus Siaputra, S.Psi. Dosen Psikologi Universitas Surabaya (UBAYA), dimoderatori oleh Muhammad David Lung, Senior Training and Implementation Consultant Turnitin Indonesia.

Ada satu pertanyaan dari Universitas Negeri Surabaya, terkait dengan plagiasi menggunakan turnitin, ketika dia cek hasil plagiasi di institusinya sendiri dapat nilai rendah namun begitu dicek di institusi lain similaritynya mencapai angka 90%, menurut Patti hal itu bisa saja terjadi bila pengaturan di institusi lain masuk ke dalam database turnitin sehingga hal itu akan mengindikasikan adanya tingkat plagiasi yang tinggi terhadap artikel itu sendiri, untuk itu ada baiknya jika melakukan cek plagiasi jangan disimpan ke dalam database turnitin (No repository) terlebih dahulu, supaya karyanya tidak terplagiat oleh artikelnya sendiri.