Kamis. 12 Januari 2023 bertempat di Kantor Pusim Universitas Merdeka (UNMER) Malang diadakan koordinasi bersama antara Tim Perpustakaan yang diwakili oleh Dr. Ir. Djoko Andrijono, M.T. selaku Kepala Perpustakaan, Surya Dannie, S.I.Pust, selaku Kabag Pelayanan dan Otomasi serta Gulita Ngudiana, S.I.Pust. selaku Kasubbag TU, dengan Tim Pusim (Kepala Pusim beserta timnya), dalam rangka menindak lanjuti usulan program dari perpustakaan terkait sistem bebas tanggungan, dimana sistem ini nantinya akan memudahkan pengecekan administrasi mahasiswa di layanan bebas tanggungan secara mandiri, terutama bagi mahasiswa akhir yang dinyatakan lulus yudisium.

Dalam kesempatan ini, Kepala Pusim Akhmad Rofikul Muslikh, S.Kom., M.Kom. menyampaikan bahwa perpustakaan menjadi yang pertama dalam memberikan ide/gagasan pembuatan sistem informasi bebas tanggungan, dimana sistem ini nantinya akan dikembangkan lagi secara terpadu dengan melibatkan pihak Fakultas/Prodi dan satuan kerja lain yang memiliki kepentingan terhadap proses administrasi mahasiswa akhir, sehingga tidak lagi terjadi birokrasi yang panjang dan rumit bagi mahasiswa untuk menyelesaikan administrasinya.

Dengan adanya sistem ini juga, harapan yang terpenting adalah fakultas/Prodi sebagai garda terdepan dalam melakukan seleksi dan penilaian terhadap Tugas Akhir (TA) mahasiswa wajib menerapkan standar penulisan dan unggah TA serta cek plagiasi sesuai dengan standar yang berlaku di UNMER Malang, sehingga harapan kedepannya perpustakaan sebagai pusat deposit karya civitas akademika  hanya menerima hasil Tugas Akhir mahasiswa yang sudah dinyatakan valid oleh pihak Fakultas/Prodi.