Rabu, 24 Mei 2023 Kepala Perpustakaan Universitas Merdeka (UNMER) Malang Dr. Ir. Djoko Andrijono, M.T. menerima kunjungan tamu dari EBSCO Information Services, salah satu penyedia layanan informasi terkemuka di dunia, dalam hal ini diwakili oleh Noor Ashikin ( Director of Sales at EBSCO Information Services Singapore) beserta satu orang perwakilan dari EBSCO Indonesia untuk wilayah Jawa Timur.

Seperti kita ketahui EBSCO merupakan penyedia jasa layanan informasi terkemuka tentang database penelitian, e-journal dan paket elektronik, penyedia utama teknologi perpustakaan, e-book, baik untuk perusahaan, perguruan tinggi, sekolah, rumah sakit dan lain-lain baik untuk lembaga Negeri maupun swasta yang ada di seluruh dunia. Dalam kesempatan ini Noor Ashikin menyampaikan tentang beberapa produk informasi yang mungkin bisa dimanfaatkan dan sesuai dengan kebutuhan informasi di perpustakaan UNMER Malang seperti, database penelitian, e-journal, maupun e-book, bisa dengan berlangganan, atau pembelian langsung.

Salah satu yang mungkin diperlukan dan menjadi kebutuhan  bagi perkembangan perpustakaan terutama bagi perpustakaan UNMER Malang di era digital adalah penyediaan layanan digital library, seperti penyediaan akses ke koleksi digital dalam bentuk e-book, hal ini yang disampaikan secara langsung oleh Kepala Perpustakaan UNMER Malang ketika melakukan diskusi dengan pihak EBSCO, jika nanti ada kesepakatan antara pihak EBSCO dan perpustakaan UNMER Malang, maka layanan digital library dari EBSCO bisa dinikmati pemustaka sebagai sumber referensi untuk koleksi digital  perpustakaan UNMER Malang yang dapat diakses secara daring melalui jaringan internet.