Kamis malam, 15 Juni 2023 bertempat di Batavia Resto Jalan Jakarta Malang, Pengurus FPPTI Jawa Timur adakan pertemuan dengan Tim Pusat Data dan Informasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Pusdatin Perpusnas RI). Kunjungan Tim Pusdatin Perpusnas RI adalah dalam rangka persiapan Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-14 yang akan digelar di Malang, tanggal 9-11 Agustus 2023 di hotel Atria Malang.

Dalam jamuan makan malam bersama dihadiri oleh Ketua Pengurus FPPTI JATIM Melati Purba Bestari dan tim, mantan Kepala Perpustakaan Universitas Brawijaya dan mantan Deputi Pengembangan Bahan Pustaka Perpusnas RI Dra. Welmin Sunyi Ariningsih, M.Lib,  turut hadir menyampaikan perihal perkembangan terbaru tentang INLISLite juga Indonesian One Search (IOS) kepada penerus muda di Perpusnas RI terutama dari Pusdatin agar ke depannya aplikasi  sistem otomasi perpustakaan selalu dijaga keberlanjutannya terutama untuk INLISLite, karena  banyak perpustakaan-perpustakaan yang butuh akan aplikasi yang open source  guna mendukung kelancaran pekerjaan otomasi perpustakaan. Seperti kita ketahui bahwa hal tersebut sudah dirintis oleh beliau ketika menjabat sebagai Deputi di Perpusnas RI, akan sangat disayangkan jika sistem otomasi perpustakaan yang dinaungi oleh Perpusnas RI tidak dijaga keberlanjutannya.

Menanggapi akan hal itu Tim Pusdatin Perpusnas RI menyampaikan bahwa sistem otomasi perpustakaan yang dinaungi oleh Perpusnas RI dalam tahap  pengembangan dan perbaikan supaya  data yang diolah terutama oleh perpustakaan-perpustakaan dari lembaga pemerintah dapat terpusat di database Perpusnas RI, dan kedepannya sesuai dengan undang-undang yang berlaku perpustakaan-perpustakaan milik pemerintahan wajib untuk menggunakan sistem otomasi perpustakaan dari Perpusnas RI.