Dalam rangka meningkatkan jumlah perpustakaan dan repositori digital yang tergabung dalam jejaring Indonesia  One Search, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan kegiatan “Koordinasi dan Advokasi dengan Mitra Jejaring Indonesia One Search di Jawa Timur. Bertempat di Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama, tanggal 12-14 Juli 2023.

Peserta ini terbatas pada undangan yang disediakan oleh Tim Panitia dari Perpusnas RI termasuk Perpustakaan UNMER Malang yang berkesempatan hadir memenuhi undangan tersebut, dalam hal ini diwakili oleh Surya Dannie, S.I.Pust.

kegiatan tersebut menghadirkan 4 narasumber yaitu Tiat S. Suwardi yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dalam mendukung jejaring Perpustakaan Digital Nasional.

Narasumber kedua oleh Ismail Fahmi yang merupakan inisiator Indonesia One Search (IOS) yang memberi paparan terkait dengan temanya tentang IOS.

Narasumber ketiga oleh  Dwi Fajar Saputra sebagai fasilitator didalam kegiatan IOS tersebut. dan Narasumber 4 Faizal Ardyanto yang juga fasilitator dalam kegiatan tersebut menyampaikan tema terkait workshop aplikasi Indonesia Onesearch.

Selain dari perguruan tinggi, peserta juga dihadiri oleh undangan dari dinas perpustakaan daerah dan perpustakaan sekolah.