Senin, 24 Juli 2023 Tim Perpustakaan Universitas Merdeka (UNMER) Malang, berkunjung untuk memenuhi undangan dari SMA Negeri 6 Malang tim tersebut terdiri dari Kepala Perpustakaan, Dr. Ir. Djoko Andrijono, MT, Kabag Pelayanan, Surya Dannie, S.I.Pust. dan Kasubbag TU, Gulita Ngudiana, S.I.Pust.

Kedatangan Tim tersebut disambut baik oleh Komite Sekolah, Waka sarpras dan Humas, serta Waka Kurikulum, Kepala Perpustakaan sekolah beserta staf perpustakaan sekolah SMA Negeri 6 Malang.

Tim perpustakaan UNMER Malang hadir dan melihat langsung seperti apa pembangunan perpustakaan sekolah yang baru guna membantu merencanakan desain ruangan yang sesuai dengan kebutuhan perpustakaan sekolah, karena sebelumnya Perpustakaan SMA Negeri 6 Malang  berada di lantai 2 dan ruang perpustakaan yang baru ada di lantai 1.

Ruang baru yang akan digunakan untuk perpustakaan terdiri dari 2 ruang yang sudah direnovasi, dan diharapkan ruang perpustakaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan siswa belajar diperpustakaan.

Dalam Arahannya Kepala Perpustakaan UNMER Malang,  menyampaikan bahwa kebutuhan akan ruang perpustakaan sekolah harus sesuai dengan standar Perpusnas RI/standar yang berlaku untuk perpustakaan sekolah. Di era digital saat ini akan lebih baik lagi jika perpustakaan sekolah juga mendukung digital library, sehingga sarana dan prasarana untuk mendukung konsep e-library dapat dimaksimalkan dan konsep perpustakaan konvensional sekolah dapat diminimalisasikan guna tercukupinya ruang baca bagi siswa untuk belajar di perpustakaan sekolah.