Hari ini Rabu, 26 Juli 2023 melalui media zoom diadakan kegiatan libtalks yang disiarkan juga secara langsung melalui channel  Youtube WBS Radio Perpusnas RI pukul 09.00-11.00 WIB. Libtalks kali ini mengangkat tema “Menjadi pustakawan Agile”. Dengan narasumber Kristina (Pustakawan Universitas Surabaya) dan di moderatori oleh Amri Yahya.

Agile (kelincahan) sering dikaitkan dengan pengembangan diri. Pustakawan harus dapat mengembangkan  diri dengan perkembangan kebutuhan pemustakanya.

dikutip dari paparannya, “Librarianship is a noble profession. A librarian derives his joy by seeing the dawn of joy in the face of the readers who were helped in their search for the right information at the right time” (Ranganathan).

Artinya  kepustakawanan adalah suatu profesi mulia dimana seorang pustakawan akan memperoleh kebahagiaan bilamana melihat raut wajah pemustakanya bahagia  ketika dia dapat membantu mencari informasi yang tepat diwaktu yang tepat.

Pustakawan yang agile adalah pustakawan yang bisa keluar dari zona nyaman, artinya bahwa pustakawan harus selalu proaktif, merasa ingin tahu, dan dapat berkolaborasi dengan pustakawan lain, memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan disiplin untuk selalu belajar dan terus belajar. Paparan yang cukup menarik untuk disimak dan dipelajari.

Di era society 5.0 pustakawan agile adalah profesi yang menjadi tantangan sekaligus tuntutan agar terus dapat bertahan.

sumber: https://www.youtube.com/watch?v=HEDAcqJ2aLQ