Sabtu, 16 September 2023 Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Wilayah Jawa Timur bekerjasama dengan Universitas Merdeka Malang menyelenggarakan kegiatan Seminar Internasional dengan tema “Innovation in Academic Library: Empowering SDG’s & Driving Digital Transformation and Society 5.0” and Outstanding and innovative East Java’s Librarians and Libraries Presentation.

Seminar Internasional ini menghadirkan narasumber dari Malaysia Ghazali Mohamed Fadzil, Ph.D selaku President Pustakawan Persatuan  Malaysia, dan narasumber kedua oleh Ida Fajar Priyanto, Ph.D dari Universitas Gadjah Mada di moderatori oleh Dwi Nuriana, M.IP dari ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor 4 Dr. Sunardi, SE., MM. dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan seminar internasional guna mendukung peran pustakawan dan perpustakaan di era digital dan society 5.0.

Dalam presentasinya Ghazali Mohamed Fadzil menyampaikan sharing inovasi dan kolaborasi merupakan kata kunci bagi perpustakaan dan pustakawan untuk terus maju dan berkembang di era transformasi digital dan society 5.0

Selanjutnya narasumber kedua dari Ida Fajar (UGM) menyampaikan bahwa tujuan dari pembangunan berkelanjutan (SDG’s) merupakan cetak biru untuk mencapai tujuan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi semua orang.

Disela-sela kegiatan tersebut WR 4 UNMER Malang juga menyerahkan cinderamata kepada dua narasumber, diiringi Kepala Perpustakaan UNMER Malang  menyerahkan cinderamata kepada Ketua FPPTI JATIM dan Ketua FPPTI JATIM juga menyerahkan cinderamata kepada WR 4 UNMER Malang