Rabu, 25 Oktober 2023, salah satu Pustakawan UNMER Malang ditunjuk untuk menghadiri acara Seminar Internasional dengan tema “Librarian Transformation: Support and Challenges” yang diselenggarakan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura, mewakili Kepala Perpustakaan UNMER Malang yang berhalangan hadir.

Acara tersebut menghadirkan narasumber dari Malaysia Khasiah Zakariya, Ph.D. Narasumber dari UNAIR Indah Rahma Cahyani, S.IP., dan dari UGM, Ida Fajar Priyanto, M.A., Ph.D.  tema yang diangkat tersebut cukup menarik untuk dibahas karena keterlibatan pustakawan di era sekarang menurut Indah Rahma (Pustakawan muda UNAIR) pustakawan harus agile, pustakawan itu harus lincah mudah beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi saat ini, selalu kreatif dan berinovasi. untuk dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan khususnya bagi pemustakanya.

Dalam paparannya Khasiah menyampaikan bahwa Pustakawan mengemban tugas yang mulia karena dalam kondisi apapun pustakawan harus dapat melayani pemustakanya dengan selalu tersenyum sepenuh hati, agar pemustaka menjadi nyaman dan senang untuk berkunjung ke perpustakaan.