Rabu, 15 November 2023 pukul 09.00 WIB, di Ruang Rapat Timur Kantor Pusat Universitas Merdeka Malang diadakan Sosialisasi Perpustakaan digital berbasis media sosial dari MOCO Aksaramaya.

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Merdeka Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi, S.E., M.Si. beserta para Wakil Rektor dan dihadiri oleh para Ka.Biro yang ada di lingkungan UNMER Malang juga Tim dari Pusim dan Perpustakaan sendiri.

Seiring dengan kemajuan teknologi dewasa ini digital library merupakan solusi bagi pemustaka dalam memperoleh kemudahan akses informasi koleksi perpustakaan dalam format digital.

Dengan adanya aplikasi Moco dari Aksaramaya selaku penyedia layanan perpustakaan berbasis digital ini diharapkan dapat memberikan layanan perpustakaan dalam hal pengelolaan dan penyimpanan  serta penyebarluasan buku digital dalam format pdf, epub, dan audio/video kepada pemustaka di lingkungan UNMER Malang.

Tujuan dari digital library perpustakaan adalah memberikan kemudahan akses informasi, mengembangkan layanan perpustakaan berbasis digital, membantu meningkatkan budaya baca serta meningkatkan literasi di era disruption teknologi.

Karena sifatnya digital library maka pemanfaatannya dapat diakses melalui berbagai media teknologi seperti, smartphone, tablet, laptop dan desktop berbasis android, IOS dan windows.

Fitur-fitur aplikasi yang disediakan dalam aplikasi digital library ini adalah: koleksi, epustaka, feeds, rak buku, dan notifikasi.

Dalam paparannya pihak Aksaramaya menyampaikan salah satu kelebihan dari aplikasi ini, bahwa perpustakaan juga dapat menambahkan koleksi ebooknya didalam konten internal yang ada di aplikasi tersebut.