Kamis, 14 Desember 2023 dilokasi yang sama diselenggarakan penandatanganan kerjasama dan Launching UNMER Malang Digital Library, Perpustakaan UNMER Malang mengundang CEO Woolu Aksaramaya Sulasmo Sudharno menjadi pembicara dalam acara Talkshow dengan tema “Peran Perpustakaan dalam membentuk ekosistem konten digital kampus”.

Dalam materinya yang berjudul “Transformasi Perpustakaan Untuk Mendukung Ekosisitem Konten Digital Di Perguruan Tinggi” menyampaikan bahwa dalam membangun suatu mobile apps ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu  kemudahan, kenyamanan, dan ketergantungan. Aplikasi mobile yang dibangun harus memberikan kemudahan akses bagi penggunanya agar penggunanya merasa nyaman,  dari kenyamanan tersebut akan timbul semacam ketergantungan kepada pengguna untuk memanfaatkan aplikasi tersebut.

Inilah yang menjadi konsep dasar perpustakaan UNMER Malang membangun layanan Digital Library. Konsep dari digital library ini  dikembangkan untuk membangun interaksi antar pemustaka, pustakawan dan civitas akademika di lingkungan UNMER Malang khususnya melalui bahan bacaan yang bisa dipinjam, diunduh,  dibaca, dan dibagikan melalui aplikasi android yang ditanam di smartphone. Format konten yang dihasilkan melalui aplikasi UNMER Malang Digital Library dalam bentuk e-book, audio, dan video. Konten tersebut dapat bersumber dari konten internal yang hak ciptanya dimiliki oleh lembaga, konten publisher yang diterbitkan oleh publisher baik nasional dan internasional yang secara komersil diperjualbelikan, konten publik yang dapat diakses melalui jaringan internet dengan melakukan kurasi dan validasi untuk digunakan sebagai sumber dalam meningkatkan kompetensi.

Selain paparan dari Sulasmo Sudharno, staf dari woolu aksaramaya juga turut memberikan paparan yang berkaitan dengan user manual penggunaan aplikasi UNMER Malang Digital library, agar civitas akademika di lingkungan UNMER Malang dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dengan baik dan benar.