Senin, 27 Mei 2024 bertempat di ruang Ki Hajar Dewantara, lantai 2 Perpustakaan UNMER Malang, Kepala perpustakaan beserta staf menggelar kegiatan pelepasan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang telah menyelesaikan praktek kerja (magang) di perpustakaan UNMER Malang per 25 Mei 2024, hadir dalam kegiatan tersebut Ina Wati selaku dosen pembimbing Prodi D4  Perpustakaan Digital Fakultas Vokasi Universitas Negeri Malang.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Perpustakaan UNMER Malang menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa-mahasiswa UM yang telah selesai menjalankan kegiatan magangnya di perpustakaan UNMER Malang, mahasiswa UM  juga mempresentasikan salah satu produk unggulan mereka berupa pesan otomatis layanan perpustakaan UNMER Malang dengan aplikasi Whatsapp sebagai salah satu bentuk inovasi layanan komunikasi. Tidak dipungkiri bahwa kebutuhan akan informasi merupakan salah satu bentuk layanan yang perlu untuk terus ditingkatkan, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp (WA). Dengan adanya pesan otomatis apa yang menjadi pertanyaan dari pencari informasi dapat dijawab secara otomatis melalui teks yang sudah disimpan didalam WA tersebut sesuai dengan konteksnya. kelebihan dari pesan ini ketika jam layanan selesai penanya masih bisa memanfaatkan layanan jawab otomatis ini, kelemahannya setiap pertanyaan yang diajukan terbatas pada pilihan jawaban yang sudah tersedia, dan jika penanya ingin bertanya dengan admin sudah dipastikan tidak bisa kecuali di jam buka layanan perpustakaan. Walaupun demikian ini merupakan salah satu bentuk alternatif  layanan komunikasi sehingga diharapkan akan sangat membantu penanya/pencari informasi dalam memanfaatkan pesan otomatis ini.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan cinderamata dan sertifikat oleh Kepala Perpustakaan dan Dosen Prodi D4 Perpustakaan Digital Fakultas Vokasi Universitas Negeri Malang kepada  Mahasiswa UM sebagai bentuk apresiasi telah menyelesaikan praktek kerjanya selama kurang lebih 3 bulan.